Berbagi Pengalaman Bagi Mahasiswa Baru Yang Akan Ke Taiwan

Oleh: Subhan Abdul Gani, Master Student at Yuan Ze University, Chongli-Taiwan
Asslamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman sekalian, semoga amal ibadah di bulan ramadhan ini mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.
 
Sebagai teman sebangsa dan seiman, saya ingin membagi pengalaman untuk teman-teman yang akan segera mendarat di Taiwan untuk melanjutkan studinya. Dengan adanya informasi ini saya berharap teman-teman baru dapat mempersiapkan kedatangan di Taiwan dengan sebaik-baiknya dan permsalahan awal kedatangan di Taiwan dapat teratasi dengan baik.
  1. Perihal cuaca. Saat ini di Taiwan sedang summer dengan suhu berkisar 27~ 36 C dan kelembaban tinggi . Untuk memantau cuaca dapat menggunakan link sbb:  http://cwb.gov.tw/eng/index.htm .  Persiapkan pakaian yang sesuai untuk cuaca tersebut. Semua informasi berkaitan dengan aktivitas yang harus dihindari dapat dilihat pada link tersebut. 
  2. Perihal kartu selular. Pada saat kedatangan di Taoyuan international airport, disarankan segera membeli kartu Cellular di Airport karena prosesnya lebih mudah ketimbang ketika sudah keluar dari sana. Ini disebabkan untuk menggunakan kartu selular Taiwan mewajibkan registrasi menggunakan dua macam identitas yang berlaku di Taiwan seperti ARC, student ID, passport, dll. Menurut pengalaman beberapa teman yang datang proses membeli kartu di Airport dapat dilakukan hanya dengan menunjukkan passport.
  3. Fasilitas wi-fi. Sungguh menyenangkan, saat ini di hampir setiap stasiun train/bus terdapat Tourist information center dan akses internet gratis. Terdapat jaringan wifi i-Taiwan atau dikenal “I love Taiwan” yang bisa diakses dengan cukup sign-up dan login dengan menggunakan nomor hp selular taiwan, jadi intinya harus punya nomor Taiwan. link: http://itaiwan.gov.tw/en/
  4. Operator telekomunikasi. Disini terdapat 3 operator besar yang dapat dipilih yakni Chunghwa telecom, Taiwan Mobile, dan Far Eastern. Untuk melakukan telekomunikasi murah ke indonesia setiap operator mempunyai akses kode yang diletakkan sebelum kode negara. Misalnya Chunghwa (019), Taiwan mobile (016). Setiap operator telekomunikasi mempunyai keunggulan masing-masing.
  5. Tempat Menukar Uang. Disarankan tidak membawa uang banyak dalam perjalanan. Namun apabila memang membawa dan ingin menukar ke NTD dapat dilakukan di Airport tanah air, seperti airport Polonia atau cengkareng. Selalu cek kurs di:  http://www.xe.com/ucc/ , bisa diakses dengan aplikasi mobile. Perlu diperhatikan bank-bank di Taiwan tidak menerima uang Rupiah, namun tidak juga disarankan membawa uang USD karena selisih kurs akan dikenakan dua kali. Rekomendasi berdasarkan pengalaman adalah di toko-toko indo yang terdapat di seluruh Taiwan seperti EEC index, Jawa petikemas, dan toko indo lainnya. Informasi toko indo dapat ditanyakan kepada Wali ranup di wilayah masing-masing.
  6. Penggunaan kartu ATM indonesia. Ini merupakan alternative yang aman untuk bepergian ke Taiwan. Aktifkan dan tanyakan ke bank teman2 di indonesia cara penggunaan ATM kawan-kawan apabila digunakan di luar negeri. Belajarlah dan hafalkan nomor2 pin dengan baik sebelum berangkat ke Taiwan. Sebagai informasi bank-bank di Taiwan umumnya dapat terkoneksi ke bank indonesia melalui switch operator seperti ATM bersama, ATM link, Cirrus, Visa, dan Mastercard. Apabila kartu bank teman-teman punya salah satu logo tersebut, maka tanyakan dan aktifkan fasilitas tersebut sebelum keberangkatan. 
  7. Bank-bank di Taiwan. Pembukaan rekening bank Taiwan hanya bisa dilakukan setelah mendapatkan ARC. Apabila ingin membuka rekening pilihlah bank yang tidak mengenakan biaya terlalu besar untuk transaksi antar bank dan mempunyai fasilitas internet banking dalam bahasa inggris. Diantara bank yang tidak mengenakan biaya besar antara lain: Taiwan Post Bank, standard Chartered, Mega bank, dll. Dan untuk bank yang mempunyai i-banking dlm bhs inggris yang baik adalah Standard Chartered dan Hua Nan bank, ini menurut pengalaman saya dan beberapa teman. Link : http://www.standardchartered.com.tw/en/index.asp
Demikian sharing pengalaman dari saya, semoga dapat membantu.
 
Wassalam

Trackback from your site.

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow YOOtheme on Twitter or read the blog.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.