My Father’s Dream Made My Life as Psychologist

My Father’s Dream Made My Life as Psychologist

Cerita ini berawal pertengahan tahun 2004, di suatu sore, aku dan Ayah, duduk sore di beranda rumah yang pada waktu itu ayah sibuk menikmati kopinya. Tampak seperti biasa, dengan senyum khasnya, membuatku tenang dan nyaman, ya senyuman itu selalu di dambakan anak-anaknya, apalagi aku. Ayah orang yang sangat idealis, namun humoris dan bersahabat. Aku masih inget ketika itu disaat aku hampir menuntaskan SMA ku, dimana sedang “galau-galaunya” memilih jurusan  ke tingkat selanjutnya. Akupun  memutuskan untk berdiskusi dengan Ayah.

Read more

Semangat! Toefl dibawah 500 bisa kuliah di Luar Negeri

Semangat! Toefl dibawah 500 bisa kuliah di Luar Negeri

Sejak kecil saya ingin selalu ke luar negeri, waktu SD, di TVRI saya sangat suka film-film dari luar. Sehingga, sejak saat itu sudah tertanam dalam diri saya agar suatu saat bisa ke luar negeri.

Read more

Man Jadda Wa Jada

Man Jadda Wa Jada

Belajar di luar negeri, sejujurnya bukan soal gengsi, tapi lebih kepada belajar mencari hikmah yang berserakan di muka bumi. “…bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumuah : 10). Hai Kawan, kenalkan nama saya Zaujatul Amna Afganurisfa (yang kini baru lima bulan menyandang gelar Master of Counseling and Clinical Psychology). Saya berasal dari Aceh, setiap orang percaya setiap nama memiliki doa yang baik bagi anak-anaknya, demikian halnya dengan orang tua saya sehingga saya diberi nama seperti itu yang bearti istri yang setia (wallahualam, itu hanya sebuah doa buat saya kelak).

Read more

Ranup Lampuan Taiwan Menanti Mahasiswa Baru

Ranup Lampuan Taiwan Menanti Mahasiswa Baru

OLEH MUSLEM DAUD, Ketua Ikatan Mahasiswa Aceh Ranup Lampuan di Taiwan, kandidat doktor pada Educational Measurement and Statistics, NTCU, Taiwan

ADANYA Pameran Pendidikan Tinggi (Higher Education) Taiwan Expo yang diselenggarakan pada 3 Oktober 2013 kemarin di Gedung Ali Hasjmy IAIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, merupakan kesempatan baik bagi para calon mahasiswa/i untuk melanjutkan studi strata 1 (S1) dan pascasarjana S2 (magister), atau bahkan S3 (doktoral/PhD) ke Taiwan.

Read more

Gambar Mengerikan pada Rokok Taiwan

Gambar Mengerikan pada Rokok Taiwan

OLEH FAISAL ANWAR, penerima beasiswa dari LPSDM Aceh, mahasiswa program Magister di National Chiayi University- Taiwan TAIWAN adalah negeri yang memiliki perhatian besar terhadap kesehatan. Ini dapat dilihat dari keseriusan pemerintahnya dalam “menjinakkan” para perokok.

Read more

Untungnya Mengantongi Kartu Halal di Taiwan

Untungnya Mengantongi Kartu Halal di Taiwan

OLEH SRI AGUSTINA, penerima beasiswa dari LPSDM Aceh, mahasiswi Program Magister di National Taiwan Ocean University, melaporkan dari Taiwan MENJADI minoritas di tengah mayoritas orang yang beda agama bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Itulah yang saya rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di Taiwan. Saya awalnya tak terbiasa menjawab pertanyaan yang kadangkala hanya saya tebak maksudnya dari cara warga Taiwan menunjuk-nunjuk jilbab saya (berhubung kemampuan bahasa Mandarin saya yang masih sangat minim) tentang mengapa saya berpakaian tertutup, meski pada musim panas.

Read more

Mahasiswa Aceh di Taiwan sosialisasikan sistem pendidikan Taiwan di Unsyiah

Mahasiswa Aceh di Taiwan sosialisasikan sistem pendidikan Taiwan di Unsyiah

ORGANISASI mahasiswa Aceh yang sedang menempuh pendidikan S1-S3 di Taiwan Ranub Lampuan, kemarin menggelar sosialisasi pendidikan Taiwan di Pusat Bahasa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Senin 19 Agustus 2013. Acara tersebut disambut hangat oleh para lulusan baru Unsyiah. Ketua Ranub Lampuan, Muslem Daud, dalam rilis yang diterima ATJEHPOSTcom menyampaikan, kegiatan yang dibuat secara sukarela tersebut untuk menyebarkan informasi mengenai sistem pendidikan di Taiwan, beasiswa, serta gambaran kehidupan di Taiwan.

Read more

Santunnya Pengamen di Taiwan

Santunnya Pengamen di Taiwan

OLEH KHAIRUNNISA SYALADIN, mahasiswi Farmasi UGM Yogyakarta, peserta PPSDMS Nurul Fikri VI, Kaohsiung-Taiwan HAL menarik tentang Taiwan selama saya berada di sini, khususnya di Kaohsiung, adalah saya tidak menemukan pengemis ataupun anak jalanan di jalanan. Saat saya bertanya kepada seorang teman, dia jawab bahwa Taiwan memiliki tingkat ekonomi yang cukup mapan, sehingga pemerintahnya mampu memilihara anak jalanan dan orang miskin dengan baik.

Read more

Berburu Makanan Halal di Pulau Formosa

Berburu Makanan Halal di Pulau Formosa

OLEH KHAIRUNNISA SYALADIN, mahasiswi Farmasi UGM Yogyakarta, peserta PPSDMS Nurul Fikri VI. Kaohsiung-Taiwan
DULU, Taiwan bernama Pulau Formosa. Julukan tersebut diberikan oleh penjajah asal Portugis yang menemukan pulau tersebut. Formosa berarti pulau yang indah.

Read more

MINI EXPO STUDY IN TAIWAN

MINI EXPO STUDY IN TAIWAN

Dapatkan informasi mengenai kehidupan dan peluang sekolah di Taiwan S1, S2, S3.
Hari/Tanggal : Senin/19 Agustus 2013
Waktu : 09:00-12:00 wib
Tempat : Class Room Pusat Bahasa Unsyiah

Anda akan mendapatkan informasi dan berdisksi tentang :
1. Kehidupan di Taiwan
2. Peluang beasiswa dan study di Taiwan
3. Informasi kampus di Taiwan
4. Organisasi mahasiswa Aceh dan indonesia di Taiwan
5. Cara menyapa dan berkenalan dengan masyarakat Taiwan
6. Ada dorprize gift unik dari Taiwan

Acara ini diselenggarakan oleh Forum Alumni dan Mahasiswa asal Aceh di Taiwan (Ranup Lampuan)
Dapatkan gift menarik untuk 20 (dua puluh) peserta pertama yang datang dan mengisi daftar hadir.

informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Edwar Iswardy(081262417971), Muslem Daud ( 081360987714)


By: Edwar Iswardy

Read more

7 Resep Menyiasati Beasiswa ke Taiwan

7 Resep Menyiasati Beasiswa ke Taiwan

OLEH MUSLEM DAUD, PhD Student, penerima sharing beasiswa Universitas NTCU Taiwan dan Pemerintah Aceh, Taichung-Taiwan
BANYAKNYA negara dan organisasi yang menawarkan beasiswa kepada putra-putri Aceh, ternyata belum termanfaatkan maksimal. Boleh jadi ini disebabkan peminat hanya disuguhi peluang, tanpa diikuti pejelasan bagaimana menyiasati peluang tersebut menjadi kenyataan.

Read more

Pengalaman mahasiswa Aceh berpuasa di Taiwan

Pengalaman mahasiswa Aceh berpuasa di Taiwan

Oleh Ruzana Dhiauddin, Aceh Student at National Central University, Chongli-Taiwan

SUDAH dua tahun saya menjalani Ramadan di negera formosa ini. Menjadi muslim minoritas memberikan pengalaman berbeda bagi puasa saya. Sejak September 2012 lalu, saya mengambil program master di bidang Remote Sensing Science and Technology, National Central University.

Read more

Masjid At-Taqwa: Masjid ke-7 di Taiwan

Masjid At-Taqwa: Masjid ke-7 di Taiwan

Menulis tentang hal ini sangatlah menggetarkan. Ini bukanlah hal biasa. Berdirinya sebuah masjid baru di negara yang sangat minoritas Muslim, sangat minoritas. Jumlah penduduk Muslim di Taiwan kurang lebih hanya berkisar di angka 0.2% saja (sumber: Chinese Muslim Association, Taiwan). Mendengar kata “Masjid At-Taqwa” mungkin bagi umat Muslim yang hidup di Indonesia adalah hal biasa, namun bagi mereka yang hidup di Taiwan, ini adalah sebuah hal luar biasa. Mari kita urutkan satu per satu masjid-masjid yang sudah ada di Taiwan:

Read more

Mudahnya berkeliling Taiwan menggunakan ‘Easy Card’

Mudahnya berkeliling Taiwan menggunakan ‘Easy Card’

Oleh Agus Putra A. Samad, Dosen Fakultas Pertanian, Unsam Langsa, saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Taiwan.
TERSEDIANYA sarana transportasi yang memadai tentu menjadi dambaan seluruh masyarakat. Kebutuhan ini menjadi lebih mendesak pada suatu wilayah dengan tingkat intensitas pergerakan manusia yang sangat tinggi akibat tuntutan pekerjaan.

Read more

Di Taiwan, Belanja di Kaki Lima pun Antre

OLEH JAMILAH AKBAR, mahasiswi Magister Konseling di National Chiayi University, penerima Beasiswa Pemerintah Aceh, Chiayi-Taiwan
ANTREAN merupakan aktivitas yang paling tidak disukai dan dihindari oleh sebagian orang di negeri kita, karena dianggap memakan waktu dan membosankan. Entah itu karena diburu waktu atau karena kurang sabar, sering kita saksikan di tempat-tempat umum tiba-tiba ada orang yang memotong antrean dan menyerobot giliran orang lain.

Read more