Mesjid-mesjid di Taiwan

Oleh: Tom Erdos, Aceh Scholar in Taiwan
Mesjid! Ya mesjid? Ada apa dengan mesjid? Kenapa harus ada catatan tentang mesjid? Bukakah di sepanjang jalan yang dilalui di Banda Aceh pasti kelihatan mesjid? Bukankah lima kali sehari suara azan itu dari mesjid atau meunasah disekitaran kita? Sejauh mata memandang, di perempatan, di pasar, di kantor-kantor, di gampoeng-gampoeng pasti dengan mudahnya kita menjupai tempat untuk shalat apakah itu mesjid, meunasah, ataupun mushalla kecil. Itu kalau kita ngomong di Banda Aceh Gan!!! Sekarang ane nak cerite masalah mesjid di Taiwan gan. Di negeri multi etnis ini (lhoo, bukannya hamper 99,9 % persen penduduk pulau ini adalah etnis cina??? So? Knapa disebutin multi etnis???? J), untuk urusan mesjid agak susah gan. Dimana-mana, yang sering kita jumpai kalau bukan tepekongnya Budha, ya Tepekongnya agama Tao, tapi mereka mirip-mirip gan, susah untuk membedakannya. Satu lagi gereja gan, hamper semua tempat pasti kelihatan gerejanya.  Kalau tidak salah (kalau salah, dimaafin ya!! J), pemerintah negeri ini sangat mendukung yang namanya missionaries gan, jadi jangan heran di setiap tempat pasti ada hal-hal yang menyangkut dengan agama itu.
Aduh, susah ya! Mendingan ngak usah aja kuliah di Taiwan. Sssssttttt, tunggu dulu gan!!! Walaupun ceritanye itu begitu, yang namanye Mesjid juga ada Gan. Di pulau kecil ini, sampai sekarang ada 6 buah Mesjid. Ya lumanyankan dari pada ngak ada!!…J. Berikut ane paparkan mesjid-mesjid yang ada di pulau yang dulu disebut Formosa ini.
1.       Mesjid Jamik Taipe (Taipe Grand Mosque), Taipei
Ini adalah mesjid terbesar di Taiwan, luasnya mencapa 2,5 km persegi. Mesjid ini dibangun pada tahun 1950-an atas kerjasama atara pemerintah Arab Saudi dan Taiwan.
Mesjid ini terletak di No 62, section 2, Shinsheng S. Rd, Taipei, atau bisa langsung ke websitenya disini. 2. Mesjid Culture Taipei (Taipei Culture Mosque), Taipei Mesjid ini bisa dikatakan yang paling tua di Taiwan, pada mulanya dibagun pada tahun 1940-an, tapi ukuranya lebih kecil. Alamatnya sekarang ada di No 3 Lane 25 Sec 1 Hsin-hi Rd, Taipei.
 
3. Mesjid Longgang, Chungli Mesjid Longgang berada di Tauyuan County atau tepatnya di kota Chungli. Untuk menuju ke Mesjid ini, cuma sekitar 25 menit dari Terminal bus Chungli dengan Bus nomor 112. Disekitaran mesjid ini banyak bisa ditemukan toko makanan halal. Ada beberapa warung nasi orang indonesia disekitaran mesjid.
4. Mesjid Taichung, Taichung Mesjid ini terletak di Taiwan bagain tengah, tepatnya di kota Taichung. Dari Terminal Bus Taichung, ada tiga rute bus yang melewati Mesjid Taichung, yaitu bus nomor 85 (26 menit), bus nomor 40 (29 menit), dan bus nomor 30 (29 menit). Alamat lengkap mesjid ini adalah : No.475, DàDun South Rd. Nantun Distric, 408, Taichung.
5. Mesjid Tainan, Tainan Untuk mencapai mesjid ini, dari terminal bus Tianan bisa dengan bus nomor 7660 (21 menit), bus nomor 7661 (21 menit) dan bus nomor 9020 (21 menit). Alamanya adalah No. 12, Alley 34, Lane 34, sec 3, Chung-Hwa E. Rd., Dong District, Tainan City. Mesjid ini bisa dikatakan seperti toko tiga lantai yang dialih fungsikan menjadi mesjid.
6. Mesjid Kaohsiung, Kaohsiung
Ini adalah mesjid ke dua yang dibangun di Taiwan. Mesjid ini terletak di No.11, Jianjiun Rd, Kaohsiung. Untuk akses kesana bisa menggunakan MRT ke Weiwuying stasiun, lalu bisa jalan kaki sekitar 5 menit ke jalan Jianjun atau bisa juga menggunakan bus  nomor 88 dari terminal kereta api Kaohsiung sekitar 25 menit
Nah itu gan, mesjid-mesjid di negara Taiwan. Yang menurut berita yang ane dapat sekarang sudah ada beberapa mushalla kecil yang baru-baru ini dibuka, seperti di bandara Taoyuan (Terminal 1), Taoyuan city, dan Keelung city, tetapi informasi yang ane dapet belum akurat, insya Allah akan ane update kalau sudah ada informasi. Begitu juga dibeberapa kampus sekarang sudah tersedia Mushalla, tapi untuk hal ini akan ane laporkan dalam reportase berikutnya. So, jangan lupa kembali kesini gan ya…!!! hehehe 🙂

Trackback from your site.

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow YOOtheme on Twitter or read the blog.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.