Ranup Lampuan Taiwan Menanti Mahasiswa Baru

OLEH MUSLEM DAUD, Ketua Ikatan Mahasiswa Aceh Ranup Lampuan di Taiwan, kandidat doktor pada Educational Measurement and Statistics, NTCU, Taiwan

ADANYA Pameran Pendidikan Tinggi (Higher Education) Taiwan Expo yang diselenggarakan pada 3 Oktober 2013 kemarin di Gedung Ali Hasjmy IAIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, merupakan kesempatan baik bagi para calon mahasiswa/i untuk melanjutkan studi strata 1 (S1) dan pascasarjana S2 (magister), atau bahkan S3 (doktoral/PhD) ke Taiwan.

Pameran tersebut, seperti dilaksanakan sudah dua kali di Banda Aceh, bukan hanya memberikan informasi kepada pengunjung, tetapi juga memungkinkan para peminat melamar program studi di universitas-universitas terkemuka yang ikut pameran dimaksud.

Di samping itu, dengan ikut sertanya lembaga penyedia beasiswa maka peluang belajar gratis ke Taiwan semakin terbuka lebar. Sungguh ini merupakan kesempatan bagus dan tidak banyak negara yang melakukan penjaringan mahasiswa langsung seperti ini. Oleh karena itu, kerja sama Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh dan Elite Study in Taiwan (ESIT) serta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry ini perlu diberi apresiasi setinggi-tingginya.

Sebagai sharing pengalaman, saya mengunjungi Pameran Pendidikan Taiwan sekitar Oktober 2011 yang waktu itu diadakan di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala, juga atas kerja sama LPSDM Aceh dengan ESIT. Pada waktu itu saya langsung tertarik untuk melamar program studi di universitas tempat saya belajar kini. Dengan beberapa dokumen dasar yang saya bawa, pihak universitas tersebut pun dapat melihat keseriusan saya dan tertarik untuk meng-interview serta memproses lebih lanjut lamaran saya. Dan pada akhirnya saya diterima menjadi salah seorang mahasiswa di universitas mereka.

Kesempatan ini juga digunakan oleh teman-teman lain dan hasilnya pada tahun 2012 ada 32 mahasiswa Aceh yang berbarengan dengan saya berangkat ke Taiwan untuk menempuh pendidikan di berbagai program studi, baik untuk jenjang S2 maupun S3.

Keseriusan Pemerintah Aceh dan Departemen Pendidikan Taiwan yang diwakili oleh ESIT untuk menjaring putra-putri Aceh menjadi calon mahasiswa ke Taiwan, telah memberikan inspirasi bagi Ikatan Mahasiswa Aceh Ranup Lampuan di Taiwan yang didukung oleh para alumni untuk mengadakan beberapa sosialisasi pendidikan Taiwan beberapa minggu lalu di Aceh (pertengahan Agustus sampai pertengahan September 2013). Beberapa lokasi kegiatannya adalah Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (16 Agustus); Pusat Bahasa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (18 Agustus); Pusat Studi China IAIN Ar-Raniry (5 September); FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh (7 September); Perguruan Tinggi Al-Hilal Sigli, dan Badan Kepegawaian Kabupaten Pidie (9 September).

Di samping itu, dengan dukungan penuh salah satu radio swasta, pada tanggal 28 Agustus, Ranup Lampuan Taiwan telah pula melakukan live talkshow untuk menyebarkan informasi pendidikan Taiwan serta beasiswa-beasiswa yang tersedia. Apa yang mahasiswa dan alumni lakukan selama ini merupakan kegiatan sukarela yang didanai secara mandiri oleh rekan-rekan yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Adapun bahan-bahan sosialisasi didukung penuh oleh ESIT dan Office of International Affairs (OIA) National Chiao Tung University dan OIA National Taichung University of Education, Taiwan. Terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan sosial tersebut.

Besar harapan kami, apa yang dilakukan mahasiswa dan alumni pada masa liburan tersebut akan bersinergi dan memberikan kontribusi positif bagi terjaringnya calon-calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan studi ke berbagai universitas di berbagai kota di Taiwan.

Sekadar informasi, Ikatan Mahasiswa Aceh Ranup Lampuan di Taiwan yang didirikan tahun 2006/2007, sekarang memiliki anggota lebih dari 100 mahasiswa yang tersebar di tujuh kota: Taipei, Hualien, Keelung, Zhongly, Hsinchu, Taichung, dan Tainan. Jadi, di mana pun calon mahasiswa diterima, dipastikan akan ada saudara-saudari kita yang menunggu, menjembatani kepentingan sosial budaya, dan membantu mahasiswa baru asal Aceh beradaptasi di Taiwan. Jadi, gunakanlah kesempatan emas ini sebaik-baiknya dan kami menunggu Anda di Negeri Formosa.

Tulisan ini juga dipublis di Serambi Indonesia

Trackback from your site.

muslemdaud

MUSLEM DAUD, MEd. Mgmt, Dosen Universitas Serambi Mekkah, sekarang mahasiwa Program Doktoral Educational Measurement and Statistics di NTCU,Taichung-Taiwan

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.